MARKET DAY DI SDIT HARAPAN UMAT

“Es…es….siapa mau beli es? Teriak Zahra
“ roti…roti….bapak mau beli roti bakar? Cuma 500 rupiah pa…
teriak alif menyusul menawarkan roti kepada orang lewat.

suasana pasar di Kampus SDIT Harapan Umat

suasana pasar di Kampus SDIT Harapan Umat


Itulah gambaran suasana “Market Day” atau hari pasaran di SDIT Harapan Umat. Suasana kampus SDIT Harapan Umat pada hari itu seperti pasar.

Hari Jumat (13/3) siswa-siswi SDIT Harapan Umat mengadakan “Market Day” yaitu dimana semua anak membuat makanan untuk kemudian dijual kepada teman-temannya dan juga masyarakat sekitar. Dalam market day, anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat stand/kios makanan. Pembagian stand tersebut disesuaikan dengan domisili/tempat tinggal anak-anak. Ada 5 stand/kios yaitu kios Kersana, kios brebes, kios Pasarbatang, kios Tengki dan kios Wanasari. Masing-masing kios menawarkan makanan/kue khas masing-masing daerahnya. Ada yang menawarkan batagor, roti bakar, donat, es buah dan aneka jenis makanan lainnya.

Market day adalah salah satu model pembelajaran di SDIT Harapan Umat dimana anak-anak praktek secara langsung bagaimana aktifitas di pasar. Ada yang menjadi penjual dan pembeli yaitu. Anak-anak menyiapkan sendiri segala sesuatunya mulai dari menyiapkan makanan yang akan dijual, mencari tempat untuk menjual/menjajakan makanannya, bertransaksi jual-beli secara langsung sampai menghitung berapa keuntungan/kerugian yang diperoleh.

Dalam aktivitas ini anak-anak belajar banyak hal mulai dari team work, kemandirian, dan kreatifitas. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap satu semester sekali.

Pos ini dipublikasikan di Program Ekstrakurikuler. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s