AKSI SOSIAL BAGI ANAK-ANAK KORBAN GEMPA DI SUMATERA BARAT

market day 016

“…beli lemper bu…murah, Cuma Rp.1000…lempernya enak koq bu…”
demikian teriak Adit menawarkan jajan dagangannya.

Sabtu, 3 Oktober 2009 siswa-siswi SDIT Harapan Umat Pasarbatang dari kelas I-IV mengadakan aksi sosial bagi anak-anak korban gempa di Sumatera Barat. Kegiatan tersebut dalam bentuk “market day” yaitu anak-anak dari rumah membuat makanan untuk dijual. Makanan tersebut kemudian dijual dan 50% dari hasil penjualan tersebut akan disumbangkan bagi anak-anak korban gempa di Sumatera Barat. Semua anak berjalan kaki dan nampak keceriaan terpancar di wajah mereka, bersemangat dan berharap bisa menjual habis barang dagangannya masing-masing.
Dari 70 siswa dibagi menjadi 8 kelompok kemudian disebar di 8 pos penjualan. Pos-pos tersebut diantaranya di SD Pasarbatang 01, SD Pasarbatang 05 dan 07, SD Muhammadiyah, MI Tolibin, RA Nurul Ulum, dan SD Brebes 7. Ada juga yang menjajakan jualannya berkeliling di rumah-rumah dan perkantoran di Pasarbatang..
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melatih jiwa enterpreneurships anak-anak dan juga untuk mengasah rasa kepedulian dan cepat tanggap anak-anak terhadap musibah yang terjadi di sekitar kita sejak dini.
Dalam aktifitas ini juga anak-anak belajar untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.
Setelah selesai, anak-anak menghitung jumlah uang yang diperolehnya. Ada yang mendapat Rp. 5000, ada yang mendapat Rp. 8000, dan lain-lain. Kemudian mereka menyisihkan separoh dari hasil penjualan untuk disisihkan bagi anak-anak korban gempa di Aceh. Alhamdulillah terkumpul Rp. 150.000. Bantuan tersebut akan digabung dengan sebagian celengan ramadhan anak-anak kemarin untuk kemudian ditransfer melalui Bank bagi korban gempa di Sumatera Barat. Meskipun jumlah itu tidak terlalu besar tapi kebesaran nilai dari aktifitas tersebut sungguh luar biasa..dan mudah. Mudah-mudahan bisa seditkit mengurangi beban dan penderitaan saudara-saudara kita di Sumatera Barat. Amin

Pos ini dipublikasikan di Diary SDIT Harapan Umat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s