Outing Class ke Palang Merah Indonesia

Outing Class ke PMI


Outing Class ke Palang Merah Indonesia

Hari ini Rabu, tanggal 24 Maret 2010, kelas 3 Harun Yahya SDIT Harapan Umat Brebes mengadakan kunjungan ke PMI Cabang Brebes. Kunjungan ini bertepatan dengan tema pembelajaran “ PALANG MERAH INDONESIA ”. . Kunjungan ini bertujuan mengenalkan lebih dekat tentang PMI yang mungkin masih asing bagi anak-anak. Selain itu juga untuk mengaplikasikan keterpaduan materi tentang bagaimana melatih keberanian siswa untuk berkomunikasi, bersosialisasi dengan lingkungan yang belum dikenal, melatih kemandirian siswa, serta menerapkan adab bertamu.

Hari sebelumnya guru mengingatkan kembali kepada siswa besok kita akan mengadakan kunjungan ke PMI Cabang Brebes yang ada di Kaligangsa. Ingat ya jam 07.30 kita bertemu disana…subkhanallah semua siswa sangat antusias. Dibenak mereka sudah melayang-layang apa sih PMI itu? PMI kepanjangan dari apa ya? ada apa sih disana?
“Bu….nanti aku kesasar karena belum tahu tempatnya? Wah aku takut jarum suntik? wah aku nanti mau naik mobil Ambulance? Aku mau berangkat pagi-pagi supaya tidak terlambat? Aku nanti mau tanya apa arti tanda positif warna merah?”
Sejuta pertanyaan telah hadir dibenak para siswa…….

Hari Rabu tanggal 24 Maret 2010 telah tiba, hari yang kami nanti selama 1 minggu. Anak-anak sudah berkumpul dengan wajah-wajah cerah dan semangat. Setelah semuaya berkumpul, kami dipersilahkan menuju ruang untuk DONOR DARAH….karena kebetulan salah satu guru ada yang mendonorkan darahnya…
”wahhh…bagaimana ya alur untuk menjadi pendonor?”
Pertama-tama mengisi formulir, diperiksa golongan darahnya, diperiksa kadar hemoglobin dan tekanan darahnya, jarinya disuntik untuk diambil setetes darahnya untuk mengetahui jenis golongan darah, disuruh berbaring diambil darahnya.
Tau ga teman-teman ternyata hanya 10 menit saja!.. cepat sekali ya, setelah itu pendonor istirahat sebentar, minum susu untuk mengembalikan kesegaran tubuhnya….yang pasti pahalanya banyak deh, mendonorkan DARAH yang ada dalam tubuh kita…
Setelah itu kami diajak ke aula, ruangan ini ada dilantai 2. Wah ruangan ini bersih, rapi, kursinya bagus. Kami juga melihat ada bendera PMI. Warnanya putih di tengahnya ada tanda tambah berawarna merah. Kami semua diminta untuk duduk mau ada pengarahan dari pemandu. Acara dibuka dengan salam dan doa kemudian pemandu mnejelaskan apa itu PMI, gunanya untuk apa, bagaimana syarat-syarat untuk menjdi pendonor, alur untuk donor darah,
Subkhanallah ternyata ilmu Allah itu maha luas, sekarang kami sudah thau semua tentang PMI.
“Teman-teman PMI kepanjangan dari apa?”
Palang Merah Indonesia pak!!!. jawab anak-anak kompak tanpa ragu-ragu
“Saya mau tanya pak, tadi aku melihat di mobil ambulance ada tanda tambah warna merah, ditembok depan juga ada, dibendera juga ada, apa sih maksudnya ?” Tanya salah seorang anak.
“itu LAMBANG PMI mas….” Jawab staff PMI.
Sekarang juga kami tahu, kalau anak-anak belum boleh mendonorkan darahnya karena belum memenuhi syarat, Mau tahu apa syaratnya?
1) sehat jasmani dan ruhani
2) usia minimal 17 tahun (…he..he…usia kami kan bari 8 dan 9 tahun nah kalau seusia kita mendonorkan darah itu DANGER ! BERBAHAYA : bisa meninggal…. Hiiiiii …)
3) berat badab minimal 45 kg.
4) tekanan darah sistolik 100 – 180 mmHg, diastolic 50 – 100 mmHg.
5)tidak menderita penyakit beresiko tinggi, contoh: darah tinggi, paru-paru, kanker, jantung dll.
6) bagi wanita tidak sedang haid, hamil dan menyusui.
Setelah itu pemandu lain mengajari kami permainan dan lagu baru….wah aku senang sekali dapat lagu baru, mandi-mandi-mand-, ayo gosok gigi, byur-byur sik-byur-byur sik…..

Alkhamdulillah pengarahan dari pemandu sudah selesai. Acara dilanjutkan ke ruangan bawah untuk melihat mobil ambulance. “Ini mobil untuk menolong saat ada keelakaan, antar jemput TIM RELAWAN saat mengadakan acara donor darah, Jelas pemandu dari PMI.
“Boleh naik pak??” pinta seorang siswa
“Emmmm boleh silahkan tapi hati-hati ya….” Jawab pemandu
Uwi..uwi….uwii……terdengar bunyi sirine dari mobil ambulance. Anak-anak semakin bersemangat.
Setelah kami puas melihat-lihat mobil ambulance kami dipersilahkan menikmati hidangan yang disuguhkan, 1 bok snack, 1 bungkus kue, dan segelas susu coklat yang disediakan oleh PMI. Alhamdulillah….”Ya Allah, berkahilah makanan dan minuman yang Engkau beri dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka. Amin.

Jam 09.00 kami pamitan dan tak lupa kami mengucapkan terima kasih banyak atas bimbingan dari bapak dan ibu di PMI, semoga ilmu ini bermanfaat bagi kami. Sebelum pamitan kami foto bareng-bareng pegawai di depan kantor PMI….satu…dua…cekrekkkk….wah kompak banget! Kami bersalaman sambil mengucapkan terima kasih…kami menuju mobil antar jemput yang sudah siap di depan kantor untuk mengantar kami ke sekolah…..

Jam 09.30 sampailah kami di sekolah, kami istirahat sejenak untuk melepaskan lelah dan menikmati snack yang belum sempat habis dari PMI tadi. Setelah itu guru memberikan pertanyaan lisan kepada para siswa materi PMI…..subkanallah ketika pertanyaan mengalir kami lontarkan anak-anak bisa dengan cepat menjawabnya tanpa ada pembelajaran dari guru. Wah memang benar, jika setiap pergantian TEMA, sebelum tema itu diajarkan diadakan kunjungan terlebih dahulu hasilnya luar biasa terekam dalam diri siswa. KEEP SPIRIT!!!

Pos ini dipublikasikan di Program Unggulan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s