SDIT Harapan Umat Membuka Program Inklusi

Pendidikan adalah proses “memanusiakan” manusia. Dengan pendidikan kita akan menjadi makhluk mulia yang sebenarnya, karena pendidikan akan menjadikan kita beradab. Dengan pendidikan, manusia baru dapat menjalankan fungsi yang sejati yakni menjadi hamba Allah SWT dan menjalankan misi penciptaannya sebagai “khalifah” di muka bumi.

Pendidikan yang benar dan efektif akan melahirkan anak-anak manusia yang kreatif dan mampu berperan aktif dalam memproduksi kemaslahatan yang menumbuhkan kemanfaatan bagi hidup dan kehidupan. Pendidikan yang benar dan efektif akan mengantarkan kita menjadi bangsa yang beradab, sejahtera lahir dan bathin. Sebaliknya, pendidikan yang salah dan carut-marut akan menjadikan bangsa yang bodoh, miskin dan amoral.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam penuntasan program Wajib Belajar yang disemangti oleh seruan UNESCO , Educatioon For All / Pendidikan untuk semua bahwa setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan, termasuk bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Pendidikan Inklusif adalah suatu bentuk sistem pendidikan dimana peserta didik yang berkebutuhan khusus merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dan oleh karena itu strategi pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik individu peserta didik.

Atas dasar itulah kami dari Sekolah Islam Terpadu Harapan Umat membuka program inklusi bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusif ini merupakan salah satu alternatif pendidikan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus yang diharapkan dapat mengakomodasikan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama dengan anak-anak normal lainnya. Sehingga anak-anak yang berkebutuhan khusus bisa belajar dan hidup bersama berdampingan dengan anak-anak normal lainnya.

Pos ini dipublikasikan di Program Inklusi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s