Mengenal Benda Pos lewat Kunjungan Edukasi

Kamis siang (22/04), suasana kantor pos ramai pengunjung. Siang itu rombongan kelas Salman Al-Farisi SDIT Harapan Umat memadati kantor pos Brebes. Sebelum ke kantor pos rombongan SDIT Harum Brebes berkunjung ke pendopo kabupaten, Masjid Agung untuk sholat dhuka berjama’ah dan Lembaga Pemasyarakatan Brebes. Antusias, keceriaan dan rasa ingin tahu yang besar mengalahkan rasa dahaga dan kelelahan mereka di tengah terik matahari yang membakar kulit.

Kunjungan ke kantor pos atau ke tempat-tempat tertentu merupakan salah satu proses pembelajaran langsung yang diterapkan oleh SDIT Harapan Umat yang bertujuan agar siswa mengetahui, paham, dan bisa menerapkan ilmu, cara atau proses dalam melakukan sesuatu. Antusis siswa kelas Salman Al-Farisi terlihat ketika Pak Edi, kepala/humas kantor pos Brebes memberikan pengarahan tentang kantor pos pada mereka. Beliau dibanjiri berbagai pertanyaan dari anak-anak kelas satu dengan bahasa khas anak-anak yang menggemaskan. Ketika ditanya apa saja aktivitas yang biasa dilakukan di kantor pos siswa-siswi kelas Salman Al-Farisi pun berebut menjawab. Dengan kepolosan dan semangat membara mengikuti langkah Pak Edi masuk ke ruangan tempat pengeditan surat-surat sebelum dikirim ke alamat yang dituju.

Di ruang penyortiran surat Pak Edi menunjukkan bagaimana pengecekan dan pemilihan surat sesuai alamat sebelum dikirim. Sebelum dipisahkan sesuai alamat yang dituju, surat distempel pos dan dicek kelengkapan serta kejelasan alamatnya. Setelah distempel, surat dicek kelengkapan dan kejelasan alamatnya, surat-surat yang lolos pada tahap itu akan diproses lebih lanjut sampai siap dikirim sesuai alamat tujuan, tutur Pak Edi pada pasukan Salman Al-Farisi.
Pada kesempatan itu, Pak Edi menunjukkan dan memperagakan bagaimana cara menyetempel surat dan memisahkan surat sesuai alamat yang dituju. Karena rasa ingin tahu yang besar, ketika disuruh untuk memperagakannya, beberapa pasukan Salman Al-Farisi pun melakukannya sesuai intruksi dari Pak Edi. Pesan Pak Edi untuk pasukan Salman Al-Farisi supaya menjadi anak sholeh dan rajinpun mengakhiri kunjungan siang itu.
Sebelum meninggalkan kantor pos pasukan Salman Al-Farisi SDIT Harapan Umat Brebes bergaya rapi di depan kantor pos.

Pos ini dipublikasikan di Diary SDIT Harapan Umat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s