”Program Pengenalan Lingkungan : Siswa-siswi SDIT Harapan Umat Kunjungi Pabrik Gula Jatibarang”

Sebanyak 107 siswa dan 10 guru pendamping SDIT Harapan Umat Brebes mengadakan program kegiatan pengenalan lingkungan dengan mengunjungi Pabrik Gula di kecamatan Jatibarang Brebes pada Jumat (12/2).

Setibanya dilokasi, rombongan SDIT Harapan Umat Brebes di sambut hangat oleh perwakilan petugas dari PG Jatibarang untuk diberikan pengarahan.

Dalam kunjungan tersebut rombongan diberikan kesempatan untuk berkeliling pabrik dan dikenalkan dengan berbagai macam mesin pabrik mulai dari mesin produksi hingga mesin pasca produksi. Semua mesin produksi yang ada adalah hasil dari peninggalan pemerintah Hindia Belanda. Jadi banyak mesin-mesin yang sudah tua dan perlu perbaikan agar proses produksi bisa optimal. Pada kesempatan ini siswa-siswi belum bisa menyaksikan proses produksi secara langsung karena saat ini pabrik sedang tidak berproduksi.”biasanya, proses produksi di PG Jatibarang dilaksanakan pada bulan Mei-Agustus, sementara bulan
ke obyek wisata Pabrik Gula Jatibarang ini merupakan salah satu program pengenalan lingkungan d-bulan selebihnya adalah untuk proses perbaikan mesin produksi” ujar Pa Faisol, Pemandu wisata yang merupakan salah satu karyawan Pabrik Gula Jatibarang Brebes.
Pabrik Gula Jatibarang merupakan perusahaan BUMN milik Pemerintah yang didirikan sejak tahun 1842 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Perusahaan ini telah di Nasionalisasikan oleh Pemerintah RI dan telah menjadi wilayah PTPN IX (persero).

Menurut Kepala SDIT Harapan Umat, Sri Khomsiyatun, S.S, kegiatan kunjunganan juga untuk mengenalkan wisata domestik kepada siswa sekaligus pembelajaran langsung terkait dengan proses produksi gula. Kegiatan ini diakhiri dengan naik kereta wisata “SPOOR TEBOE” bersama mengelilingi area wisata MBESARAN PG Jatibarang. (awang)

Pos ini dipublikasikan di Program Unggulan, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s