Polisi Sahabat Anak, Pelayan Masyarakat

Selama ini sosok POLISI bagi sebagian besar anak adalah menakutkan dan galak. Atau mungkin bagi kita-sebagai orang dewasa- juga mungkin punya building image yang sama terhadap POLISI. Bagi saya sendiri mungkin juga sama, saya selalu merasa deg-degan ketika bertemu dengan sosok polisi di jalan meskipun ketika berkendaraan saya selalu membawa surat-surat yang lengkap.

Disela-sela aktifitas dalam rangka pengawalan sepeda ria SDIT Harapan Umat, saya sempat ngobrol-ngobrol dengan salah satu polisi dari POLSEK Brebes, Pak Hartono, tentang peran, tugas dan fungsi Polisi bagi masyarakat. Beliau menjelaskan “ bu Omih, selama ini mungkin bagi sebagian besar masyarakat polisi adalah sosok yang menakutkan seperti dulu, tapi sekarang ini seiring dengan berpisahnya kesatuan polisi dari tubuh TNI, maka polisi saat ini adalah polisi sipil yang perannya sebagai polisi pelayan dan juga mitra masyarakat. Dan kami juga adalah sahabat bagi anak-anak, kami siap untuk membantu sekolah-sekolah dalam program sosialisasi tentang budaya berlalu lintas ataupun tentang bahaya narkoba. Sehingga anak-anak bisa mulai akrab dan tidak takut dengan polisi sejak kecil. Kami melayani dengan setulus hati…” tambahnya sambil tersenyum. (Wah ternyata polisi juga tidak mau kalah dengan BRI….)

Dalam obrolan tersebut juga disampaikan tentang kiprah mereka dalam masyarakat. Ah, ternyata profesi polisi juga sangat mulia ketika mereka benar-benar mau untuk menjadi polisi sipil yang baik dan menjadi polisi yang “benar-benar polisi” yaitu sebagai abdi dan pelayan masyarakat.
Yah, pada hakekatnya semua profesi dan pekerjaan apabila benar-benar dikerjakan dan dijalani sesuai dengan rambu-rambu agama dan rambu-rambu negara, maka semuanya akan berbuah keberkahan. Semoga.
(Bu Omih)

Pos ini dipublikasikan di Kiat-kiat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s