SDIT Harapan Umat: Berbagi Cinta Dengan Sejuta Kurma

Kurma adalah makanan yang sangat bagus bagi kesehatan kita. Ia memiliki kandungan mineral, vitamin dan fosfor cukup tinggi yang bagus bagi kesehatan tubuh kita. Ia menduduki tempat yang istimewa di hati kaum muslimin. Ia adalah dianggap sebagai salah satu makanan yang paling baik yang dinasihatkan oleh Rasulullah SAW:

Salman Ibnu Amir Al-Dhabbi meriwayatkan bahawa Nabi SAW bersabda “Apabila seorang dari kalian berbuka maka hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya kurma itu berkah. Dan apabila dia tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Dari pengamatan penulis, ternyata di daerah Brebes Kurma belum menjadi makanan yang istimewa pada saat Ramadhan. Terbukti pada saat berbuka masyarakat brebes lebih memilih menyerbu makanan-makanan tradisional seperti aneka macam kolak dan es buah sebagai makanan pembukanya. Bahkan di beberapa toko yang menyediakan kurma pun sampai dengan ramadhan hari yang ke 13 ini grafik penjualan kurma biasa-biasa saja dan tidak menunujukkan angka peningkatan yang cukup berarti. Hal ini mungkin karena masyarakat belum begitu paham tentang khasiat dan keberkahan dari makanan yang satu ini.

Untuk itulah di Ramadhan yang penuh dengan keberkahan ini, SD Islam Terpadu Harapan Umat mengadakan program gerakan “Berbagi Cinta Dengan Sejuta Kurma”.
Kegiatan ini diadakan dalam rangka mensosialisasikan dan membudayakkan masyarakat untuk mengkonsumsi kurma sebagai salah satu makanan istimewa dan paling baik seperti yang dinasehatkan oleh Rasulullah SAW, sekaligus juga sebagai sarana untuk menanamkan karakter pendidikan Ramadhan peduli dan berbagi bagi siswa-siswi SDIT Harapan Umat.

Program “Berbagi Cinta Dengan Sejuta Kurma” ini diadakan pada Sabtu (13/8) dalam bentuk pembagian ta’jil kurma kepada masyarakat oleh siswa-siswi SDIT Harapan Umat menjelang jam berbuka puasa di beberapa titik pusat keramaian di Kota Brebes diantaranya di alun-alun pusat kota Brebes, Pasarbatang, Limbangan dan Kompleks Islamic Centre Brebes. Semua siswa nampak bersemangat, antusias dan penuh suka cita dalam melaksanakan kegiatan ini.

Semoga kegiatan yang kami lakukan ini mendapat keridhoan dari Allah SWT. Dan karakter pendidikan Ramadhan berbagi dan peduli tetap hidup di hati anak-anak selepas Ramadhan. Amin (mieh)

Pos ini dipublikasikan di Diary SDIT Harapan Umat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s